Sabtu, 22 Mei 2010

CADANGAN MINERAL

Banyak negara industry kaya akan berbagai jenis endapan mineral (dalam sejumlah volume batuan terkandung pengayaan satu atau beberapa mineral) yang dieksploitasi. Saat ini tidak ada satu negarapun mempunyai cadangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan industrinya, sehingga berlangsung perdagangan, Hal ini disebabkan oleh:

  1. Keberadaan mineral yang berguna terbatas dan hanya dijumpai pada tempat tertentu di muka bumi.

  2. Jumlah cadangan mineral tertentu yang tersedia pada satu tempat juga terbatas, sehingga perlu mencarinya di tempat lain. Misalnya di Inggris, abad yang lalu terkenal sebagai Negara pertambangan, yang memproduksi dan mengekspor timah, tembaga, tungsten dan besi. Namun sekarang endapan yang diketahui sudah habis dikerjakan.

  3. Endapan mineral tidaklah seperti tumbuhan atau hewan, yang dapat berkembang, selama dan setelah habis dieksploitasi, tidak akan terbentu kembali (unrenewable).

Ada tiga golongan endapan mineral yaitu mineral logam, batuan dan mineral industry, dan endapan energy. Mineral yang terkonsentrasi membentuk endapan logam (metallic deposits) disebut mineral bijih (ore minerals). Batuan dan mineral industry diperlukan lebih ke sifat fisik dan kimianya.


Sumber: Sapiie, Benyamin, dkk. anonim. Geologi Fisik. Bandung: ITB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar